5 Sarana Mudah Untuk Membuat Toko Online Sendiri

Akses internet yang semakin cepat akan mendorong tumbuhnya bisnis online shopping dalam beberapa tahun mendatang. Seperti diketahui saat ini bisnis online e-commerce semakin meluas, belanja online jadi pilihan mudah bagi pengguna internet dan ini adalah peluang bagi anda yang ingin mencoba membuka bisnis online melalui Toko Online.

Buat anda yang saat ini memiliki produk atau toko fisik di dunia nyata, tidak ada salahnya mengembangkan usaha melalui dunia maya, yaitu dengan melebarkan atau mempromosikan produk melalui Toko Online. Membuat toko online caranya tidak susah, dan banyak sekali pilihan yang bisa dicoba.

Berikut ini adalah 5 sarana mudah yang bisa dipakai untuk membuat atau membangun toko online sendiri yang mungkin bermanfaat buat yang sedang berencana membuka toko online:

1. Membuat Toko Online melalui Blog

Blog adalah sarana yang sangat efektif untuk membuat toko online sendiri. Ada banyak layanan CMS ( Content Management System) Blog gratis alias tidak dipungut biaya untuk digunakan membuat toko online contohnya seperti Blogger, Wordpress, Tumbrl, Webbly, Blogdrive, Wix, Webs dan masih banyak lagi. Untuk mencoba membuat toko online melalui blog, rekomendasi terbaik adalah menggunakan Platform Blogger.com, karena selain mudah digunakan blogger.com banyak menyediakan fitur-fitur penunjang untuk membuat toko online, selain itu sudah banyak tersedia template atau desain blog khusus untuk toko online yang siap pakai dan langsung bisa digunakan.

5 Sarana Mudah Untuk Membuat Toko Online Sendiri
2. Membuat Toko Online melalui Situs Marketplace

Situs Marketplace menjadi pilihan terbaik untuk yang ingin mencoba membuka toko online sendiri. Keuntungan yang bisa diperoleh adalah selain sudah memiliki kredibilitas atau kepercayaan konsumen, kita tidak akan dipusingkan untuk mengatur toko online atau membuat coding-coding yang tentu membutuhkan keahlian. Saat ini ada banyak sekali situs marketplace besar dan terpercaya kita hanya membutuhkan satu akun pendaftaran, kemudian langsung menjajakan produk melalui fasilitas yang sudah disediakan.

Rekomendasi situs marketplace bisa dilihat disini: 10 Marketplace Terbesar dan Terpercaya

3. Membuat Toko Online Melalui Forum

Forum online terbesar adalah sarana yang juga sangat efektif untuk membuka Toko online. Penyedia layanan forum online biasanya menyediakan lapak jual beli contohnya seperti FJB Kaskus, melalui sarana tersebut kita bisa dengan mudah membuat Toko Online sendiri dengan cepat. Keuntungannya hampir sama dengan marketplace hanya saja kita harus benar-benar mengetahui terlebih dahulu seberapa besar minat dan kepercayaan anggota terhadap forum tersebut.

4. Membuat Toko Online Melalui Sosial Media

User atau pengguna sosial media di Indonesia sudah tidak diragukan lagi adalah terbanyak. Sosial media juga bisa jadi alternatif sarana untuk membuat toko online sendiri, salah satu contohnya adalah Facebook.com, situs jejaring sosial terbesar ini menyediakan Fanpage Facebook Store, sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat Online Store mereka sendiri secara gratis menggunakan bantuan pihak ketiga sebagai penyedia Apps Store seperti Shopify, Lakubgt atau Sotreya. Situs jejaring sosial lainnya bisa juga digunakan seperti Instagram, Twitter atau Pinterest.

5. Membuat Toko Online Melalui Penyedia Layanan Jasa

Ini adalah alternatif terakhir yang bisa dicoba untuk membuat Toko Online. Dengan menggunakan jasa penyedia toko online berarti kita harus mengeluarkan budget alias tidak gratis. Hal ini tentu tidak jadi masalah jika anda serius untuk memulai usaha Toko Online. Ada banyak penyedia layanan jasa pembuatan Toko Online yang cukup profesional yang sudah menjamin Toko Online siap pakai. Namun sebelum memilih menggunakan jasa layanan toko online tersebut, ada baiknya memperhatikan beberapa hal seperti legalitas dan kredibilitasnya, harga yang sesuai, menjamin keamanan data serta menyediakan suport (pemeliharan) dan garansi.