Marketplace Adalah Tempat Paling Aman Untuk Belanja Online

Belanja online memang sangat membantu terutama dalam hal kecepatan, hemat waktu dan tenaga untuk memenuhi barang-barang yang dibutuhkan. Seiring dengan perkembangan dunia digital yang semakin maju, berbelanja online sudah jadi trend atau hal yang biasa dilakukan masyarakat modern.

Meskipun jual beli barang di dunia maya sangat tinggi dan rawan terhadap penipuan, namun geliat pasar online atau e-commerce ini semakin meningkat dan berkembang. Jika dulu sangat susah sekali untuk bisa mendapatkan produk terbaru dari sebuah brand seperti Handphone misalnya, saat ini dengan hitungan menit sudah bisa dipesan melalui Toko online.

Nah berbicara tentang toko online, jika saat ini Anda sedang mencari barang entah itu gadget, baju, tas, alat kecantikan dan sebagainya ada baiknya sebelum berbelanja online mengetahui terlebih dahulu toko online jenis apa yang akan dikunjungi agar tidak menjadi korban penipuan yang kesekian kalinya.

Belanja Online Paling Aman

Marketplace Adalah Tempat Paling Aman Untuk Belanja Online
Belanja online via internet tidak hanya melalui toko online, situs jejaring sosial dan forum juga saat ini bisa dijadikan lapak jual beli online. Untuk mengetahui dimana tempat jual beli online yang aman berikut ini sedikit gambarannya.

Media Sosial

Membeli barang menggunakan media sosial alias medsos telah menjadi salah satu kebiasaan yang paling banyak dilakukan di Indonesia. Banyak orang yang melakukan transaksi jual beli barang mulai dari Facebook, Twitter hingga Instagram. Kelebihannya adalah simple. Penjual terima cash dari pembeli, kemudian langsung mengirimkan barang. Namun ada kelemahan mendasar yang membuat kegiatan jual beli lewat media sosial ini dianggap kurang begitu aman, yaitu tidak adanya perantara antara penjual dan pembeli hanya mengandalkan kepercayaan.

Personal Website

Banyak pelaku usaha yang melakukan pemasaran menggunakan website pribadi khusus untuk merek dagangnya sendiri, hal tersebut memang sangat positif karena bisa mendongkrak branding pemilik website. Kelemahan yang mendasar adalah dari segi keamaan transaksi dan jaminan kualitas barang, akibat banyak juga website palsu yang menjajakan barang maya alias tidak asli yang merugikan pembeli. Belum lagi konsumen harus benar-benar jeli mengetahui kredibilitas toko online tersebut.

Iklan Baris dan Forum

Online shop berbentuk situs iklan baris adalah jenis online shop yang hanya menyediakan platform berbentuk barisan produk yang ditawarkan penjual. Jenis ini mirip berdagang via medsos, pedagang dan pembelinya bisa bertemu langsung. Pembeli tinggal memilih dari barisan iklan yang terkait dengan barang yang dicari lalu mengontak penjual langsung. Kelemahan mendasarnya juga sama seperti di media sosial, bisa pembelinya palsu atau penjualnya yang palsu walaupun saat ini beberapa situs iklan baris sudah menerapkan opsi transaksi melalui pihak ketiga.

Marketplace

Marketplace merupakan situs jual beli online yang menawarkan layanan penjualan secara lengkap. Artinya, kegiatan promosi hingga transaksi jual beli semuanya dilayani dengan sistem yang sudah teruji. Berbelanja di situs jenis inilah yang dianggap lebih aman ketimbang platform jual beli via internet lainnya. Karena sistem pembayaran dilakukan melalui aturan yang diberlakukan pengelola situs sehingga menjamin keamanan transaksi baik untuk penjual maupun pembelinya.

Kelemahan mendasar dari marketplace saat ini lebih kepada human error seperti contohnya, salah dalam memilih produk, salah input no rekening, salah alamat penerima dan gangguan teknis dari penyedia layanan pengiriman barang/jasa ekspedisi.